Chat with us, powered by LiveChat

Fakta Sehat dan Bahaya Durian

Makan durian bisa bikin panas dalam, kolestrol naik, dan setelah makan durian harus minum dari kulit bagian dalam durian yang warna putih itu”.

Banyak mitos seputar makan buah durian yang beredar disekitar kita, sejauh mana yah kebenarannya. Setelah membaca banyak artikel kesehatan mengenai buah durian, apa-apa saja fakta dan mitos seputar buah durian yang bisa kita percayai saya akan sharing sedikit yang telah saya rangkum dari  berbagai sumber info kesehatan.

Alhamdulillah berkah musim durian kali ini memberi kesan tersendiri bagi kami sekeluarga, kenapa bisa? soalnya beberapa hari ini tetangga dekat rumah sering membagikan hasil panen buah duriannya.

dihitung-hitung sudah lima buah durian hasil panen pemberian tetangga, jadilah selama musim durian kali ini kami tidak pernah membeli untuk hanya makan buah durian saja.

Keseringan makan buah durian membuat saya berfikir sehatkah jika terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi buah durian, yah apapun itu yang namanya berlebihan itu tentu saja tidak baik yah. Karena itu saya jadi tertarik untuk mencari tahu sebetulnya betulkah mitos yang selama ini saya tahu kalau setelah makan buah durian bisa mengakibatkan perut menjadi panas atau buah durian juga bisa meningkatkan kadar kolestrol didalam tubuh.

MANFAAT BUAH DURIAN

 Jenis buah durian yang dirilis oleh Departemen Pertanian ada 21 jenis durian yang ada di Indonesia yaitu petruk, sukun, sitokong,  othong, kani, simas, sunan, sihijau, sijipang, siriwig, bokor, perwira, sidodol, bantal mas, hepe, marahari, aspar, sawah mas, raja mabah, kalapet, dan lai mansau (Untung, 2008). Apapun nama jenis durian kandungan gizinya tetaplah sama yang membedakan hanya tekstur dagingnya, ada yang tebal dan tipis. Faktanya, 1 kg buah durian mengandung sekitar 1.350 kalori.

Sehingga, jika kita mengkonsumsi 1 kg buah durian, berarti 68 persen kebutuhan harian kalori sudah terpenuhi. Kebutuhan kalori yang dianjurkan untuk orang dewasa sendiri adalah 2.000 kalori per harinya.

Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram buah durian :

Karbohidrat sekitar 27 gram ,

4 gram serat,

1,5 gram protein,

5 gram lemak,

vitamin A sebanyak 44 IU,

vitamin C sekitar 20 mg,

magnesium 30 mg,

fosfor 39 mg,  Kandungan mineral dan senyawa lainnya hingga 100 gr potasium, asam amino triptofan, asam folat, asam pantonetat, thiamin, riboflavin, niacin dan B6, antioksidan, seperti asam kafeat, antosianin, dan quercetin; dan mineral penting, seperti zat besi, kalsium, magnesium, sodium, seng, dan fosfor, dan kolesterolnya 0 miligram. Terjawab sudah kekhawatiran saya ternyata tidak benar jika durian mengandung kolesterol.

Dengan kandungan gizinya menjadikan durian sebagai sumber energi terbaik, serat terbaik, sumber vitamin dan mineral, serta tinggi kandungan lemak dan kalori, mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.