Chat with us, powered by LiveChat

Sejumlah Fakta yang Kamu Ketahui untuk Memotong Kuku Jari Tangan dan Kaki

Kesehatan kuku merupakan salah satu hal yang sering dilalaikan oleh sebagian orang. Banyak dari mereka tidak memperhatikan kesehatan kuku secara sempurna sehingga kondisi kesehatannya kurang baik.

Dilansir dari The Guardian, kuku harus selalu berada dalam kondisi pendek karena semakin panjang maka semakin rentan rusak. Tergantung dengan kondisi kuku, kamu bisa memotongnya dengan pemotong kuku biasa atau yang lebih besar tergantung ketebalannya. Berikut sejumlah hal yang harus kamu ketahui tentang memotong kuku.

– Gunakan kikir kuku untuk membentuknya. Jika mengikir biasa terasa sakit, gunakan kikir hanya satu arah secara lembut agar tidak terluka.

– Jari telunjuk harus memiliki lengkungan. Selain itu, kuku berwarna putih harus dipotong langsung dan lurus untuk mencegahnya timbul ke dalam.

– Kuku bakal lebih lembut setelah kamu mandi. Jika kamu memiliki kuku yang tebal sebaiknya potong setelah mandi untuk memudahkan. Namun jika kamu memiliki kuku yang tipis, jangan melakukan hal ini karena bisa membuat jarimu menjadi cedera.

– Kamu bisa memotong kulit ari di kuku dengan perlahan dan tidak terlalu dalam. Namun jangan terlalu dalam karena hal ini melindungi kuku dari infeksi yang berasal dari debu.

– Selalu jaga kelembapan kuku pada tangan dan kaki setiap hari. Menjaga kelembapan kuku ini bisa membuat kondisinya tetap sehat serta mencegah warna kuku menjadi kusam.

Sejumlah hal tersebut sebaiknya kamu ketahui untuk menjaga kesehatan kuku. Dengan kondisi kuku yang tetap sehat, maka aktivitasmu sehari-hari dapat berjalan secara normal dan tidak terganggu.